makalah fungsi pemasaran dalam kegiatan bisnis
Tuesday, September 6, 2016
6. DIMENSI TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN
Menurut Green Paper dan Komisi
Masyarakat Eropa
# Dimensi Internal
ยท
Manajemen
SDM
ยท
Kesehatan
dan keselamatan kerja
ยท
Beradaptasi
dengan perubahan
ยท
Manajemen
dampak lingkungan & SDA
# Dimensi eksternal
ยท
Komunitas-komunitas
local , mitra usaha, pemasok, konsumen
ยท
Hak-hak
asasi manusia
ยท
Kepedulian
pada lingkungan hidup global
7. KONSUMERISME
Konsumerisme adalah suatu consumer
movement yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi
konsumen.
dalam pengertian luas, konsumerisme
juga dapat diartikan sebagai gerakan yang memperjuangkan kedudukan yang
seimbang antara konsumen pelaku usaha dan negara .Gerakan tidak hanya
melingkupi isu kehidupan sehari-hari mengenai produk harga naik atau kualitas buruk.Konsumerisme
juga dapat di artikan sebagai cara melindungi publik dengan memberitahukan
kepada mereka tentang barang-barang yang berkualitas buruk tidak aman dipakai
dan sebagainya.
8. PEMASARAN DALAM LINGKUNGAN YANG BERUBAH
Dalam lingkungan yang berubah,
manajemen pemasaran harus dapat berusaha agar produk yang di keluarkan oleh
perusahaan dapat bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus di lakukan
manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang berubah
yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:
- ยท Mendefinisika situasi bisnis
- ยท Mendefinisikan segmen pasar
- ยท Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
- ยท Penetapan tujuan dan sasaran
- ยท Mendefinisikan strategi pemasaran
- ยท Monotior kemajuan usaha pemasaran
Pada masa ini perusahaan sangat
menekankan pada marketing concept, yaitu suatu keyakinan yang menekankan agar
sikap perusahaan secara keseluruhan menekankan kepada melayani keinginan pasar
untuk menjamin agar perusahaan terus-menerus mancapai keuntungan dalam jangka
panjang. Sesuai dengan tujuan ini kegiatan pemasaran telah menjadi sangant
kompleks dan perlu melaksanakan kegiatan yang dikenal sebagai marketing mix,
yaitu 4P: product, pricing, place, and promotion. Sesuai dengan prinsip ini
pemasaran selalu didefinisikan sebagai sekumpulan kegiatan yang saling
berhububgan, yang disusun dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen,
dan seterusnya mengembangkan barang tersebut, menentukan harganya,
mendistribusikannya, dan mempromosikannya.
Sumbangan
Pemasaran Kepada Masyarakat dan Perekonomian
Pemasaran membantu masyarakat untuk
meningkatkan kepuasannya dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Melalui pemasaran
masyarakat akan menukar uangnya dengan barang dan kegiatan ini menimbulkan
surplus konsumen. Pemasaran dan pembelanjaan yang dilakukan masyarakat sebagai
akibat usaha pemasaran tersebut akan menimbulkan utilitas waktu, utilitas
tempat, utilitas pemilikan, dan utilitas bentuk. Kepada perekonomian, pemasaran
akan memberikan sumbangan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa,
meningkatkan perkembangan ekonomi dan mempercepat pertumbuhan, memacu
perkembangan teknologi, dan mendorong perkembangan barang baru.
Strategi
Mengembangkan Barang
Langkah pertama kegiatan perusahaan
untuk berbisnis adalah menciptakan barang. Untuk menciptakan suatu barang yang
yang sesuai dengan kebutuhan pasar, perlu dilakukan langkah berikut :
- ยท Mengumpulkan ide
- ยท Menilai kesesuaian berbagai ide yang dikembangkan
- ยท Membuat penilaian atas barang yang akan dikembangkan
- ยท Membuat model atau contoh barang
- ยท Melakukan ujian terhadap sikap konsumen terhadap barang yang diperkenalkan
- ยท Memasarkan barang yang baru diproduksikan
- Dalam memasarkan barang perlu diperhatikan konsep value package, yaitu menciptakan penampilan barang yang cukup menarik dan dapat mengundang minat konsumen untuk membeli.
Strategi
Mempromosikan Barang
Setelah menguasai strategi
mengembangkan barang, strategi penetapan harga, dan strategi pendistribusian
barang, maka perlu juga diterapkan strategi mempromosikan barang. Kegiatan
promosi ini dapat dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut:
Pengiklanan (advertensi) dapat
dilakukan dengan menggunakan billboard atau melalui advertensi di surat kabar
dan majalah. Kadang-kadang advertensi dilakukan melalui media radio dan
televisi. Pengiklanan juga dilakukan dalam Yellow Pages.
Menggunakan brosur langsung kepada
konsumen melalui pos atau dengan cara memberikan secara langsung.
Penjualan langsung. Hal ini biasanya
dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang yang mahal dan barang dibuat
menurut selera konsumen. Wakil produsen akan mendatangi para konsumen untuk
menawarkan barangnya.
Publisitas. Ini dilakukan oleh surat
kabar, majalah, dan televisi. Dengan menulis mengenai organisasi/perusahaan
yang menghasilkan barang atau menulis barang yang diproduksikan, publisitas
tersebut telah membantu memperkenalkan barang yang sedang dipromosikan.
9. KEGIATAN PEMASARAN
Kegiatan pemasaran adalah berbeda
dengan penjualan, transaksi ataupun perdagangan. Menurut American Marketing
Association 1960, Pemsaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan
arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai.
Sedangkan Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning,
and Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah:
pemasaran adalah Suatu proses sosial, dimana individudan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan
mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
Segmentasi Pasar adalah kegiatan
membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam
satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi
diatas diketahui bahwa pasar suatuproduk tidaklah homogen, akan tetapi pada
kenyataannya adalah heterogen.
Target Pemasaran adalah kegiatan yang
berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan
dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen
pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah menghitung
dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka dalam hal
ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi
pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang.
Penempatan produk mencakup kegiatan
merumuskan penempatan produk dalam persaingan dan menetapkan bauran pemasaran
yang terperinci. Pada hakekatnya Penempatan produk adalah: Tindakan merancang
produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu diingatan konsumen.
Marketing mix merupakan kombinasi
variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana
dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam
pasar sasarannya. Variabel atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan
dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin, dalam melakukan kegiatan
pemasarannya. Dengan demikian perusahaan tidak hanya sekedar memiliki kombinasi
kegiatan yang terbaik saja, akan tetapi dapat mengkoordinasikan berbagai
variabel marketing mix tersebut, untuk melaksanakan program pemasaran secara
efektif.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Target Pemasaran adalah kegiatan yang
berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan
dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen
pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah menghitung
dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka dalam hal
ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi
pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang.
B. Saran
Pemasaran membantu masyarakat untuk
meningkatkan kepuasannya dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Melalui pemasaran
masyarakat akan menukar uangnya dengan barang dan kegiatan ini menimbulkan
surplus konsumen. Pemasaran dan pembelanjaan yang dilakukan masyarakat sebagai
akibat usaha pemasaran tersebut akan menimbulkan utilitas waktu, utilitas
tempat, utilitas pemilikan, dan utilitas bentuk. Kepada perekonomian, pemasaran
akan memberikan sumbangan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa,
meningkatkan perkembangan ekonomi dan mempercepat pertumbuhan, memacu
perkembangan teknologi, dan mendorong perkembangan barang baru.Lanjut ke Daftar Pustaka