Makalah Analisis Permintaan dan Penawaran
Thursday, October 27, 2016
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Surplus ekonomi dan elastisitas
kerap kali terjadi di dunia ekonomi. Permintaan dan Penawaran itu sendiri
sangat berpengaruh terhadap masyarak dan terhadap dunia ekonomi. Dimana
keduanya saling berhubungan secara langsung dalam dunia pasar ekonomi.
1.2 Tujuan
1.2.1 Mengetahui pengertian,
dan bagian surplus ekonomi dan
elastisitas
1.3
Rumusan Masalah
1.3.1 Bagaimana pengaruh surplus
ekonomi dan elastisitas itu sendiri terhadap masyarakat
Analisis Permintaan Dan
Penawaran
1. Teori permintaan
Teori permintaan menerangkn tentang cirri hubungan antara
jumlah permintaan dan harga . Pada prinsipnya, jumlah barang atau jasa yang mau
dan akan dibeli oleh konsumen pada suatu periode tertentu dipengaruhi oleh
berbagai macam faktor, yaitu :
·
Harga barang itu sendiri
·
Harga barang lain yang
berkaitan erat dengan barang tersebut
·
Pendapatan runah tangga dan
pendapatan rata-rata masyarakat
·
Corak distribusi pendapatan
rata-rata masyarakat
·
Cita rasa masyarakat
·
Jumlah penduduk
·
Ramalan mengenai keadaan
dimasa yang akan datang
Hukum permintaan
pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
‘’Makin
rendah harga suatu barang maka makin
banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya makin tinggi harga suatu
barang maka makin sedikit permintaan
terhadap barang trsebut’
Secara
sistematis fungsi permintaan adalah :
Dx,t :
jumlah barang yang x dibeli pada periode
t
Dx,t :
Harga barang x pada periode t
Yt :
Pendapatan konsumen pada periode t
PR,t :
Harga barang terkait periode t
Pex,t+
: Harapan akan gerakan harga
barang x pada periode t+i
S :
Selera konsumen
Partial derivative, efek dari perubahan satu factor
(variable) denga asumsi variable lain konstan
Fungsi permintaan adalah daftar harga dan barang yang mau
dan dapat dibeli oleh konsumen pada periode tertentu. Makin rendahnya harga
makin banyak yang mau dibeli. Hubungannya negative dan menunjukan hubungan
antar jumlah barang yang diminta konsumen dan harga barang ada 3 :
·
Sebagai table
·
Sebagai grafik
·
Sebagai fungsi
·
Tabel permintaan
Ada 2 perubahan
yang terjadi pada pergeseran kurva permintaan, yaitu perubahan jumlah barang
yang diminta akibat perubahan harga (cateris paribua) dan pergeseran kurva
permintaab akibat perubahan faktor lain pada harga yang sama
Apabila barang subtitusi maka kenaikan harga barang akan
mendorong kenaikan permintaan barang akan kurva permintaan tersebut akan bergeser ke
kanan.
Apabila barangnya komplementer, kenaikan harga barang
akan mengurangi permintaan akan barang tersebut sehingga pada pada harga yang
sama kurva permintaan akan bergeser ke kiri.
Apabila harga diharapkan akan naik dimasa mendatang
(ekspektasi), maka permintaan akan barang tersebut akan naik saat ini, Jadi
pada harga yang sama kurva permintaan akan bergeser ke kanan.
Untuk selera agak sulit, yang pasti perubahan selera akan
menyebabkan permintaan naik. Pada harga yang sama kenaikan permintaan akibat
perubahan selera akan menggeser kurva permintaan ke kanan.
Kurva
Permintaan
Yaitu
garis yang menghubungkan berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai
tingkat harga Kurva permintaan mempunyai slope negative
Kurva
permintaan mempunyai slope negative karena
·
Pada harga tinggi, banyak
pembeli tidak mampu membeli
·
Bagi pembeli perorangan,
kenaikan harga akan memperkecil daya beli
·
Ada barang subtitusi yang
harganya jauh lebih murah dan lebih menarik apabila harga barang dan jasa
semakin tinggi
Perubahan
permintaan
·
Perubahan permintaan yang
diminta adalah suatu kondisi yang menunjukkan berubahnya jumlah jumlah barang
yang diminta karena adanya perubahan itu sendiri
·
Pada perubahan jumlah barang
yang diminta factor-faktor lain selain harga barang lain, selera, tingkat
pendapatan di anggap tetap (cateris paribus )
Pergeseran
kurva permintaan
·
Saat harga tetap tetapi
jumlah barang yang diminta menjsdi berkurang permintaan, sedangkan pada harga
yang tetap tetapi jumlah barang yang diminta mengalami kenaikan disebut
permintaan bertambah.
2. Teori penawaran
Pada dasarnya jumlah dari barang dan jasa yang ditawarkan
untuk dijual dipaar tergantung pada sejumlah besar variable. Akan tetapi sama
seperti permintaan untuk mempermudah analisis trsebut terdapat factor-faktor
yang penting yaitu :
·
Harga jual barang tersebut
·
Tingkat teknologi
·
Harga brang terkait
·
Harapan akan kenaikan harga
dimasa mendatang
Hukum penawaran
“
Makin tinggi harga suatu barang semakin banyak jumlah barang tersebut akan
ditawarkan oleh para penjual sebaliknya makin rendah harga suatu barang semakin
sedikit jumlah barang tersebut yang di tawarkan “
Secara
matematis fungsinya adalah
X,t
: f(Px,t; Tt;PF,t; PR,t;Pex,t+i)
Dimana :
Sx,t
:
jumlah barang x yang ditawarkan pada periode t
Px,t
:
Hat=rga barang x pada periode t
Tt
:
Tingkat teknologi yang tersedia di periode t
PF,t
:
Harga factor produksi untuk barang x pada periode t
Px,t
:
Harga barangterkait pada periode t
Pex,
t+I : Harapan akan gerakan jual
barang x pada periode t+i
Partial derivative ialah efek dari perubahan satu
variable dengan asumsi variable lain konstan
Fungsi penawaran
Penawaran merupakan daftar harga dan barang yang mau dan
dapat ditawarkan oleh produsen pada periode tertentu, hubungannya positif.
Kurva Penawaran
Adalah garis yang menghubungkan berbagai jumlah barang
yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga . Kurva penawaran mempunyai slope
positif
Kurva penawaran dapat dibedakan menjadi 2 macam
·
Perubahan jumlah yang
ditawarkan yang menunjukkan jumlah barang yang ditawarkan karena ad perubahan
harga barang itu sendiri
·
Perubahan factor lain di
luar harga adalah berubahnya jumlah barang yang ditawarkan produsen sebagai
akibat perubahan salah satu atau lebih dari factor-faktor yang dianggap tetap .
+
Pergeseran Kurva penawaran
Sama seperti kurva permintaan kurva penawaran
digambar dengan asumsi bahwa faktor-faktor
lain di luar adalah konstan perubahan jumlah barang yangd itawarkan akibat
perubahan harga jual terjadi pada titik0titik yang terletak sepanjang kurva
penawaran.
Apabila salah satu faktor lain diluar harga jual berubah
dengan asumsi harga jual konstan perusahaan akan terdorong
untuk menambah jumlah barang yang ditawarkan. Dalam hal ini, kurva
bergeser.