MAKALAH PERAN PEMASARAN DALAM BISNIS
Tuesday, September 6, 2016
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
bahwa hanya dangan petunjuk dan hidayah-Nya sajalah makalah ini bisa selesai
dan bisa terwujud sehingga sampai dihadapan para pembaca yang berbahagia. Semoga
kiranya memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan bagi para pembaca
pada masa sekarang dan yang akan datang.
Pada
era globalisasi dan informasi saat ini, yang ditandai seamakin menipis dan
hilangnya batas pemisah antara nilai-nilai dan lingkungan budaya bangsa, yang
diikuti dengan kecendrungan terbentuknya nilai-nilai budaya yang bersifat
universal, tampak studi tentang dengan Mengetahui Sejarah Indonesia mejadi sangat penting dan mendapakan
perhatian yang sangat luas, baik dikalangan Siswa maupun dikalangan Umum.
Semoga
Makalah yang berjudul “Peran Pemasaran dan Kegiatannya” akan bisa berguna bagi
teman teman dan masyarakat umum nya.
BAB
I
PENDAHULUAN
1. Latarbelakang
Pemahaman perilaku konsumen baik
konsumen akhir maupun pembeli industrial adalah sangat penting bagi pemasar.
Keputusan konsumen dalam pembeliannya ditempuh melalui suatu proses, mulai dari
pengenalan masalah, pencarian informasi, pengevaluasi alternatif, pengambilan
keputusan beli, sampai pada evaluasi pasca beli. Proses keputusan tersebut
dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik yang ada pada diri konsumen,
seperti persepsi, pembelajaran, sikap dan keyakinan, motivasi, kepribadian,
pengalaman, dan konsep diri, maupun faktor-faktor yang berasal dari lingkungan,
seperti budaya, sub-budaya, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, faktor
situasional, nilai, norma, dan peran sosial, serta bauran pemasaran. Proses
keputusan tersebut didasarkan pada sifat-sifat konsumen yang rasional.
Dalam pasar industrial, keputusan
pembeliannya diambil juga melalui suatu proses, yaitu (1) mengenali masalah
(kebutuhan), (2) menentukan karakteristik produk dan jumlah yang diperlukan,
(3) mendeskripsikan spesifikasi produk dengan tepat dan kebutuhan kritisnya,
(4) mencari dan menentukan kualifikasi sumber-sumber yang potensial, (5)
menerima dan menganalisis usulan, (6) mengevaluasi usulan dan menyeleksi
pemasok (7) memilih dan melakukan pemesanan, dan (8) mengadakan umpan-balik
kinerja dan evaluasi. Sedangkan situasi pembeliannya dapat digolongkan ke dalam
tiga macam, yaitu: pembelian tugas baru, pembelian ulang, dan pembelian ulang
langsung. Setiap pembeli industrial mempunyai pilihan pendekatan dalam
pembeliannya, di antaranya adalah inspeksi, penyampelan, deskripsi, dan kontrak
dengan negosiasi.
Motif utama dalam pembahasan perilaku
beli konsumen maupun industrial adalah memahami proses keputusan tersebut, di
samping perusahaan harus mempunyai posisi yang baik untuk memberikan informasi
yang tepat kepada konsumen yang tepat pada waktu yang tepat. Model perilaku
konsumen tersebut sangat membantu untuk mengarahkan kegiatan pemasaran agar
dapat melayani konsumen maupun pembeli industrial secara lebih baik.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pemasaran
Pemasaran (marketing) adalah proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan
kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya,
seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada
segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya
ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu
misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini
memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan
keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan
keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan
produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasaran. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan
prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. Lanjut di Halaman 2