Wait

makalah fungsi pemasaran dalam kegiatan bisnis



6.      DIMENSI TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN

Menurut Green Paper dan Komisi Masyarakat Eropa
# Dimensi Internal
·         Manajemen SDM
·         Kesehatan dan keselamatan kerja
·         Beradaptasi dengan perubahan
·         Manajemen dampak lingkungan & SDA
# Dimensi eksternal
·         Komunitas-komunitas local , mitra usaha, pemasok, konsumen
·         Hak-hak asasi manusia
·         Kepedulian pada lingkungan hidup global

7.      KONSUMERISME
Konsumerisme adalah suatu consumer movement yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi konsumen.

dalam pengertian luas, konsumerisme juga dapat diartikan sebagai gerakan yang memperjuangkan kedudukan yang seimbang antara konsumen pelaku usaha dan negara .Gerakan tidak hanya melingkupi isu kehidupan sehari-hari mengenai produk harga naik atau kualitas buruk.Konsumerisme juga dapat di artikan sebagai cara melindungi publik dengan memberitahukan kepada mereka tentang barang-barang yang berkualitas buruk tidak aman dipakai dan sebagainya.

8.      PEMASARAN DALAM LINGKUNGAN YANG BERUBAH
Dalam lingkungan yang berubah, manajemen pemasaran harus dapat berusaha agar produk yang di keluarkan oleh perusahaan dapat bertahan di pasar.Ada beberapa kiat yang harus di lakukan manajemen pemasaran untuk mempertahankan produknya di lingkunag yang berubah yaitu membuat rencana pemasaran, berikut langkah-langkahnya:

  1. ·         Mendefinisika situasi bisnis
  2. ·         Mendefinisikan segmen pasar
  3. ·         Mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk
  4. ·         Penetapan tujuan dan sasaran
  5. ·         Mendefinisikan strategi pemasaran
  6. ·         Monotior kemajuan usaha pemasaran

Pada masa ini perusahaan sangat menekankan pada marketing concept, yaitu suatu keyakinan yang menekankan agar sikap perusahaan secara keseluruhan menekankan kepada melayani keinginan pasar untuk menjamin agar perusahaan terus-menerus mancapai keuntungan dalam jangka panjang. Sesuai dengan tujuan ini kegiatan pemasaran telah menjadi sangant kompleks dan perlu melaksanakan kegiatan yang dikenal sebagai marketing mix, yaitu 4P: product, pricing, place, and promotion. Sesuai dengan prinsip ini pemasaran selalu didefinisikan sebagai sekumpulan kegiatan yang saling berhububgan, yang disusun dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, dan seterusnya mengembangkan barang tersebut, menentukan harganya, mendistribusikannya, dan mempromosikannya.

Sumbangan Pemasaran Kepada Masyarakat dan Perekonomian
Pemasaran membantu masyarakat untuk meningkatkan kepuasannya dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Melalui pemasaran masyarakat akan menukar uangnya dengan barang dan kegiatan ini menimbulkan surplus konsumen. Pemasaran dan pembelanjaan yang dilakukan masyarakat sebagai akibat usaha pemasaran tersebut akan menimbulkan utilitas waktu, utilitas tempat, utilitas pemilikan, dan utilitas bentuk. Kepada perekonomian, pemasaran akan memberikan sumbangan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa, meningkatkan perkembangan ekonomi dan mempercepat pertumbuhan, memacu perkembangan teknologi, dan mendorong perkembangan barang baru.

Strategi Mengembangkan Barang

Langkah pertama kegiatan perusahaan untuk berbisnis adalah menciptakan barang. Untuk menciptakan suatu barang yang yang sesuai dengan kebutuhan pasar, perlu dilakukan langkah berikut :

  • ·         Mengumpulkan ide
  • ·         Menilai kesesuaian berbagai ide yang dikembangkan
  • ·         Membuat penilaian atas barang yang akan dikembangkan
  • ·         Membuat model atau contoh barang
  • ·         Melakukan ujian terhadap sikap konsumen terhadap barang yang diperkenalkan
  • ·         Memasarkan barang yang baru diproduksikan
  • Dalam memasarkan barang perlu diperhatikan konsep value package, yaitu menciptakan penampilan barang yang cukup menarik dan dapat mengundang minat konsumen untuk membeli.

Strategi Mempromosikan Barang
Setelah menguasai strategi mengembangkan barang, strategi penetapan harga, dan strategi pendistribusian barang, maka perlu juga diterapkan strategi mempromosikan barang. Kegiatan promosi ini dapat dilakukan melalui beberapa cara sebagai berikut:
Pengiklanan (advertensi) dapat dilakukan dengan menggunakan billboard atau melalui advertensi di surat kabar dan majalah. Kadang-kadang advertensi dilakukan melalui media radio dan televisi. Pengiklanan juga dilakukan dalam Yellow Pages.
Menggunakan brosur langsung kepada konsumen melalui pos atau dengan cara memberikan secara langsung.

Penjualan langsung. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang yang mahal dan barang dibuat menurut selera konsumen. Wakil produsen akan mendatangi para konsumen untuk menawarkan barangnya.
Publisitas. Ini dilakukan oleh surat kabar, majalah, dan televisi. Dengan menulis mengenai organisasi/perusahaan yang menghasilkan barang atau menulis barang yang diproduksikan, publisitas tersebut telah membantu memperkenalkan barang yang sedang dipromosikan.

9.      KEGIATAN PEMASARAN
Kegiatan pemasaran adalah berbeda dengan penjualan, transaksi ataupun perdagangan. Menurut American Marketing Association 1960, Pemsaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Sedangkan Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: pemasaran adalah Suatu proses sosial, dimana individudan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar suatuproduk tidaklah homogen, akan tetapi pada kenyataannya adalah heterogen.

Target Pemasaran adalah kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka dalam hal ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang.

Penempatan produk mencakup kegiatan merumuskan penempatan produk dalam persaingan dan menetapkan bauran pemasaran yang terperinci. Pada hakekatnya Penempatan produk adalah: Tindakan merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu diingatan konsumen.

Marketing mix merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. Variabel atau kegiatan tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin, dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Dengan demikian perusahaan tidak hanya sekedar memiliki kombinasi kegiatan yang terbaik saja, akan tetapi dapat mengkoordinasikan berbagai variabel marketing mix tersebut, untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Target Pemasaran adalah kegiatan yang berisi dan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki oleh suatu perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasukinya, maka langkah yang pertama adalah menghitung dan menilai porensi profit dari berbagai segmen yang ada tadi. Maka dalam hal ini pemasar harus mengerti betul tentang teknik-teknik dalam mengukur potensi pasar dan meramalkan permintaan pada masa yang akan datang.
B.     Saran
Pemasaran membantu masyarakat untuk meningkatkan kepuasannya dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Melalui pemasaran masyarakat akan menukar uangnya dengan barang dan kegiatan ini menimbulkan surplus konsumen. Pemasaran dan pembelanjaan yang dilakukan masyarakat sebagai akibat usaha pemasaran tersebut akan menimbulkan utilitas waktu, utilitas tempat, utilitas pemilikan, dan utilitas bentuk. Kepada perekonomian, pemasaran akan memberikan sumbangan untuk meningkatkan penjualan barang dan jasa, meningkatkan perkembangan ekonomi dan mempercepat pertumbuhan, memacu perkembangan teknologi, dan mendorong perkembangan barang baru.Lanjut ke Daftar Pustaka
                               Halaman Selanjutnya    Hal...1      Hal.....2       Hal.....3 

Share This Article


0 Response to "makalah fungsi pemasaran dalam kegiatan bisnis"

Post a Comment