Gejala Awal Liver ( Penyakit Hati )

Organ tubuh yang bertempat di bawah diafragma ini merupakan organ tubuh yang paling penting. Banyak orang yang terganggu kesehatannya dari organ ini. Hal ini disebabkan liver/ hati mempunyai banyak fungsi dalam tubuh. Seperti alat ekskresi, membantu fungsi ginjal, menghasilkan amonia, menghasilkan urea, asam urat, memanfaatkan nitrogen dari asam amino dan lain sebagainya.
Hati merupakan organ yang menopang kelangsungan hidup hampir seluruh organ lain di dalam tubuh. Oleh karena lokasi yang sangat strategis dan fungsi multi-dimensional, hati menjadi sangat rentan terhadap datangnya berbagai penyakit. Hati akan merespon berbagai penyakit tersebut dengan meradang yang disebut hepatitis.
Gejala
Menjaga kesehatan organ tubuh yang satu ini memang tak gampang. Asalkan kita berpola hidup sehat dan selalu berolah raga maka kita akan terhindar dari beberapa penyakit. Ada beberapa gejala yang akan timbul dari penyakit liver tersebut. Seperti :

- Warna urin kecoklatan
- Mengalami mual-mual
- Kehilangan selera makan
- Mengalami diare
- Mudah kecapekan
- Terasa gatal-gatal
- Tidak enak badan
- Tidak bersemangat
- Nyeri pada perut bagian kanan atas
- Warna faces pucat (BAB)
- Mudah turun berat badan
- Pembesaran pembuluh darah
- Kadar gula darah rendah
- Gairah Rangsang menurun
- Sakit otot dan pegal
Kemampuan hati untuk melakukan regenerasi telah diketahui semenjak zaman Yunani kuno dari cerita mitos tentang seorang titan yang bernama Prometheus. Kemampuan ini dapat sirna, hingga hepatosit tidak dapat masuk ke dalam siklus sel, walaupun kehilangan sebagian massanya, apabila terjadi fibrosis hati. Lintasan fibrosis yang tidak segera mendapat perawatan, lambat laun akan berkembang menjadi sirosis hati dan mengharuskan penderitanya untuk menjalani transplantasi hati atau hepatektomi demi kelangsungan hidupnya. Walaupun sekarang teknologi kedokteran telah sangat berkembang pesat, namun tingkat kematian dari penyakit ini termasuk tinggi dan berbahaya.

Share This Article


0 Response to "Gejala Awal Liver ( Penyakit Hati )"

Post a Comment