Wait

Makalah Menentukan Perencanaan Bisnis



Makalah Perencanaan Bisnis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Di zaman sekarang ini, kemajuan teknologi semakin berkembang di masyarakat. Sehingga masyarakat dituntut untuk hidup lebih efektif dan efisien. Informasi yang semakin mudah didapat akibat adanya perkembangan teknologi, membuat batas-batas antar negara semakin pudar. Dengan menggunakan teknologi yang tersedia, seseorang bisa semakin mudah mengakses informasi di sekitarnya. Informasi tersebut dapat digunakan untuk kemudahan hidup seseorang.
Untuk itu, kami mencoba untuk membuat dan merintis usaha sebuah warnet yang berfungsi juga untuk mengakses informasiDalam penyediaan jasa internet, kami menawarkan akses cepat dengan kualitas unggul serta beberapa kemudahaan-kemudahan.
Usaha ini memudahkan seseorang dalam menggunakan waktunya secara efektif dan efisien serta dapat membantu seseorang untuk belajar. Sehingga diharapkan masyarakat dapat terbantu dengan adanya usaha kami ini. Usaha yang akan kami dirikan ini bernama Asyik- Net.
1.2 Rumusan masalah
- bagaimana bentuk perencanaan awal bisnis yang akan di lakukan
- bagaimana bentuk pengimplementasian dari perencanaan bisnis yangtelahdubuat..
1.3 Tinjauan Teori
- pengertian perencanaan
Arti Perencanaan Menurut Para Ahli
Garth N.Jone, Perencanaan adalah suatu proses pemilihan dan pengembanngan dari pada tindakan yang paling baik untuk pencapaian tugas.
M.Farland, Perencanan adalah suatu fungsi dimana pimpinan kemungkinan mengunakan sebagian pengaruhnya untuk mengubah daripada wewenangnya
Abdulrachman (1973), Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-fakta dan atau perkiraan yang mendekat (estimate) sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan kemudian.
Siagian (1994), Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penetuan secara matang daripada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka pencapaian yang telah ditentukan.
Terry (1975), Perencanaan adalah pemilihan dan menghubungkan fakta-fakta, membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai suatu hasil tertentu.
Kusmiadi (1995), Perencanaan adalah  proses dasar yang kita gunakan  untuk memilih tujuan-tujuan dan menguraikan bagaimana cara pencapainnya.
Soekartawi (2000), Perencanaan adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumber daya yang tersedia.
- pengertian bisnis
1. Hughes dan Kapoor
Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.
2. Irawanqq
Sekumpulan uang kecil yang dikelolah oleh sekumpulan kelompok orang banyak sehingga  berubah menjadi Barang nyata dan diedarkan secara Konvensional atau sistem bagi hasil yang akan menghasilkan sekumpulan uang banyak.
3. Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Musselman dan Jackson (1992)
Bisnis adalah suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
Perencanaan bisnis
Ada beberapa pengertian tentang perencanaa bisnis
Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. 
Business Plan merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha(business opportunities) yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan,menjelaskan keunggulan bersaing(competitive advantage) uasaha, serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang usaha tersebut menjadi suatu bentuk usaha yang nyata. 
Business Plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial. 
Jadi Business Plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai pada waktu usaha. Adapun isinya sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran,permodalan,operasional dan sumber daya manusia.














BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Perencanaa Awal Bisnis
Sebelum memulai usaha warnet ini maka terlebih dahulu dilakukan perencanaan usaha yang akan dilakukan,antara lain adalah mencari lokasi yang strategis untuk mendirikan warnet agar akses ke warnet akan dibangun akan mudah dicapai,kemudian menentukan bentuk warnet yang bagaimana yang akan diterapkan dan pada usaha warnet ini akan dilakukan sistem hotspot dengan cara penjualan voucer dan memberikan sistem member agar pelanggan tetap royal terhadap warnet yang akan di bangun.
Aspek Pasar
Tidak ada proyek bisnis berhasil tanpa adanya permintaan atas barang/jasa yang dihasilkan proyek tersebut. Dengan bertambahnya permintaan akan kemajuan teknologi, kami berinisiatif membuka usaha warnet, untuk memenuhi permintaan pasar. Usaha warnet ini akan sangat menguntungkan karena selain mempunyai harga yang terjangkau, usaha ini juga mempunyai fasilitas lain yaitu game online. Dengan begitu mahasiswa maupun masyarakat semakin dimudahkan dalam mencari tugas/materi di internet maupun bermain game secara online
Usaha bernama Asyik-Net. Berlokasi di Jalan Raya Maliaro depan pertamina Kampung Pisang Ternate MaLut. Kami menawarkan jasa internetgame online. Konsumen yang kami tuju adalah kalangan akademik, orang yang berkecimpung di bidang pendidikan dan kalangan umum. Sehingga, pasar yang dituju yaitu pasar konsumen.
Tujuan mendirikan Asyik-Net ini agar mampu memaksimalkan dari segi keuntungan dan manfaat karena di kota Ternate masih jarang usaha yang sekaligusterfokus pada usaha yaitu internetgame online. Bagi kami usaha ini sangat berpengaruh pada masyarakat karena usaha yang berkecimpung di dunia teknologi akan mempunyai prospek yang sangat bagus.
Analisis Usaha
Usaha kami memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Sehingga kami harus selalu waspada dalam menghadapi persaingan. Kami harus selalu bisa melihat kondisi pesaing, sehingga dalam menjalankan usaha, kami berusaha sebisa mungkin untuk menjaga dan meningkatkan kualitas usaha. Kami juga berusaha untuk mengurangi dan menutup kelemahan yang ada.
Kelebihan dari usaha kami yaitu
1. Akses internet cepat dan lancar
2. Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapatlakukan sendiri. Dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga.
. Harga terjangkau
. Tempat strategik dan mudah dijangkau
. Kebersihan tempat terjaga
. Pelayanan ramah dan memuaskan
Tempat nyaman, tenang dan aman
Kelemahan usaha saya yaitu :
1. banyak usaha sejenis yang mulai bermunculan,
2. kendala dalam mempromosikan Asyik-Net yang salah dapat menyulitkan jalannya usaha,
perekrutan pegawai yang kurang selektif dapat menghambat jalannya usaha, dan
4. kurangnya komunikasi antar pegawai dapat menggangu jalannya usaha.
Aspek Pemasaran
Segmentasi Pasar
Segmen utama yang dipilih Asyik-Net adalah mahasiswa dan semua orang yang berkecimpung di bidang pendidikan khususnya siswa – siswi SMP,, dan mahasiswa, Kami memilih segmen ini karena kami merasa kalangan tersebut yang saat ini sangat membutuhkan informasi dari internet untuk menyelesaikan tugas tugas akademik mereka, Namun tidak menutup kemungkinan masyarakat pada umumnya.
Strategi Harga
Harga yang kami tawarkan tidak terlalu mahal. Kami menerapkan sistem voucer hotspot/wifi dengan 2 paket yaitu harga Rp.10.000/10 jam dan Rp.5.000/3 jam.
Strategi pemasaran
Untuk menarik minat pelanggan agar tetap kewarnet maka diterapkan sistem member dan bonus jadi bagi para pelanggan yang telah membeli voucer sebanyak 12 lembar maka mereka dapat bonus voucer 3 jam secara gratis dan bagi yang telah membeli voucer sebanyak 15 voucer maka mereka dapat menjadi member dengan keuntungan diberikan potongan harga dalam pembelian voucer hotspot.
Aspek Teknik Dan Teknologi
Usaha sangat erat kaitannya dengan teknologi. Kami berupaya selalu menggunakan teknologi dengan kualitas terbaik untuk memuaskan konsumen. PC Gamers yang gunakan impor langsung dari produsen AMD. Lokasi usaha yang terletak di Jalan MAliaroTernate merupakan lokasi strategis karena berdekatan dengan sekolah SMA yang ada di Ternate kantor Walikota TernateUsaha ini mengunakang kios biasa dengan keunggulan fasilitas di dalamnya. Konsumen akan dimanjakan dengan music – music Indonesia maupun Mancanegara, ruangan yang bersih, sejuk, dan nyaman, serta tempat parkir yang terjamin keamananny
Aspek Finansial
Sumber dana usaha kami berasal dari modal pemilik usaha. Pada prinsipnya jumlah asset pemodal adalah sama baik pada saat pendirian usaha maupun pada tahun ke 1, ke 2, dst karena kami menganggarkan biaya penyusutan sebesar 2,5% per bulan dari semua asset milik pemodal. Dana penyusutan ini tetap menjadi milik pemodal sehingga total asset pemodal tetap walaupun nilai barang menjadi susut atau rusak.
Resiko yang mungkin terjadi pada aspek keuangan adalah kurangnya biaya. Oleh karena itu modal dari usaha tidak kami gunakan semua, kami menyimpannya untuk mengantisipasi apabila usaha kami kekurangan biaya. Resiko yang dapat dikendalikan oleh manajemen adalah dalam menghadapi pesaing. Untuk menghadapi pesaing, kami mencoba membuat inovasi-inovasi baru yang tidak dimiliki pesaing.
Aspek Ekonomi, Sosial, Dan Politik
Aspek Ekonomi
1. Memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat
2. Menggunakan sumber daya lokal
3. Menumbuhkan industri lain
4. Turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri sesuai dengan kemampuan
5. Menambah pendapatan nasional
Aspek Sosial dan Politik
CV kami berada dalam masyarakat yang pluralistik. Kami akan selalu mengikuti trend yang sedang berlaku di masyarakat sehingga kami bisa selalu mengikuti ritme permintaan masyarakat. Kami menyadari isu – isu politik akan mempengaruhi usaha kami, sehingga kami juga akan terus memantau kondisi politik di dalam maupun di luar negeri. Mengingat kami mnggunakan kurs dollar untuk membeli PC.

















BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Asyik-Net adalah sebuah usaha berbentuk warnetgame online. Meskipun jenis usaha ini dapat dikatakan follower tetapi usaha Asyik-Net ini memberikan beberapa inovasi baru. Inovasi inilah yang menjadikan usaha kami berbeda dari yang lainnya dan akan kami tonjolkan kepada konsumen. Dengan tujuan utama untuk memperoleh profit yang besar, kami optimis dapat bertahan dan berkembang untuk memajukan usaha ini dengan ciri khas yang telah ada.


Share This Article


0 Response to "Makalah Menentukan Perencanaan Bisnis"

Post a Comment