Get this widget!

sejarah perkembangan musik



Sejarah dan Perkembangan Musik Pop di Indonesia

Sejarah dan Perkembangan Musik Pop di Indonesia- Musik ini berkembang di Indonesia sekitar tahun 1960-an dan banyak digemari masyarakat khususnya kaum muda atau remaja. Grup musik pop sering disebut dengan sebutan band yang menggunakan peralatan elektronik atau modern. Instrumen yang wajib ada dalam bentuk grup sederhanannya antara lai, Drum, gitar melodi dan rhythm, piano, dan bass gitar.

Sejarah dan Perkembangan Musik Pop di Indonesia

Musik pop di Indonesia diawali oleh sebuah grup yang cukup terkenal pada tahun 1970-an. Nama grup ini adalah koes plus. Grup ini menjadi legendaris di Indonesia karena puluhan lagu, bahkan ratusan lahir dari kelompok musik ini, dari yang versi pop, pop jawa, irama melayu, dangdut, pop anak-anak, lagu berbahasa Inggris, irama keroncong, folk song, dan hard beat. Baru-baru ini namanya diabadikan sebagai kelompok musik dengan lagu terbanyak di Museum RecordIndonesia (MURI). Lagu mereka sungguh sederhana baik dalam syair, musik, maupun melodi. Ciri khasnya adalah perpaduan suara antara vokalis mereka (Yon dan Yok) yang khas. Lagu-lagu mereka masih tetap digemari sampai sekarang.

Sejarah dan Perkembangan Musik Pop di Indonesia
Salah satu ciri musik pop adalah penggunaan ritme yang terasa bebas.dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass. Komposisi melodinya juga mudah dicerna. Biasanya, para musisinya juga menambahkan aksesori musik dan gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan pemahaman bagi para penikmatnya.

Musik pop dibedakan atas musik pop anak-anak dan musik pop dewasa. Musik pop anak umumnya memiliki bentuk yang lebih sederhana dan memiliki syair yang lebih pendek. Selain itu, komposisi musiknya tidak terlalu kompleks dengan rentan nada yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Tema syair musik pop anak-anak biasanya berkisar pada hal-hal yang mendidik, seperti mencintai orang tua, Tuhan, Sekolah, dan Tanah Air.

Sebaliknya, musik pop dewasa umumnya lebih kompleks dengan alunan melodinya lebih bebas dengan improvisasinya lebih banyak, namun ringan. Tema-tema syairnya pun lebih bervariasi, dari kehidupan remaja, percintaan, sampai masalah kritik sosial.

Beberapa musisi dan grup band pop indonesia antara lain, Titiek Puspa, Chrisye, Katon Bagaskara, Melly Goeslaw, grup band Peterpan, Ada Band, Kla Project dan sebagainya. Serta dengan artis indonesia antara lain, Kris dayanti, Ari laso, Ruth Sahanaya, dan lain-lain.

Kelompok ini dibentuk pada tahun 1969, sebagai kelanjutan dari kelompok Koes Bersaudara. Koes Bersaudara menjadi pelopor musikpop and rock ‘n roll, bahkan pernah dipenjara karena musiknya yang dianggap mewakili aliran politik kapitalis. Di saat itu sedang garang-garangnya gerakan anti kapitalis di Indonesia.

Sekitar tahun 1976, Koes Plus mulai redup, mungkin karena generasi yang berganti dan selera musik masyarakat yang terusberkembang. Sekitar 1978, Koes Plus benar-benar lesu. Kelesuannya digantikan oleh penyanyi solo ataupun grup yang terus menerus berganti dari tahun ke tahun. Sekitar tahun 1970 sampai 1980-an musik pop Indonesia dihiasi oleh kelompok musik antara lain Koes Plus, Mercy’s, Panber’s, D’Lloyd. Selanjutnya, akhir-akhir ini masuk kelompok-kelompok musik baru seperti Gigi, Sheila On 7 Peterpan, dan Radja.

Inilah gambaran bahwa musik pop akan sangat terkenal dalam kurun waktu tertentu dan akan segera menghilang. Setelah menghilangnya Koes Plus sebagai pelopor musik pop di Indonesia, maka muncul lagi generasi musik pop berikutnya.


Dulu musik di Indonesia banyak diisi oleh band dari Malaysia danSingapura. Akan tetapi, sejak tahun 1960, Indonesia mulai berkreasisendiri dengan diprakarsai oleh band Koes Bersaudara (koes plus).Sejak saat itu mulai muncul band-band pop di Indonesia. Sekarangtelah banyak penyanyi dan band Indonesia yang terkenal di AsiaTenggara seperti Krisdayanti, Rossa, Ungu, Wali, dan Peterpan.

TOKOH MUSIK POP

Musik pop sebenarnya adalah nama musik secara umum. Dengan demikian tokohnya pun kadang susah dibedakan antara musik pop dengan musik yang lainnya.

Penyanyi pop pria yang terkenal dari luar negri:
Elton Jhon, Jesse McCartney, Michael Jackson Ricky Martin, Robbie Williams, dll.

Penyanyi pop wanita yang terkenal dari luar negri:
Chantal Kreviazuk, Celine Dion, Madonna, Mariah Carey, Whitney Houston, dll.


Grup musik popular dari luar negri:
The Beatles, Bee Gees, Duran Duran, Boyzone, Westlife, dll.

Penyanyi pop solo yang terkenal dari Indonesia:
Big Slamet, Hetty Koes Endang, Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Agnes Monica, dll.

Grup musik popular dari Indonesia:
Koes Plus, Ada Band, Mercy’s, Gigi, Peter pan,Wali, Ungu dll…

Terima kasih telah mengunjungi Blog Kumpulan Sejarah, Baca juga informasi mengenai :



SEJARAH MUSIK DUNIA


Sejak abad ke-2 dan abad ke-3 sebelum Masehi, di Tiongkok da Mesir ada musik yang mempunyai bentuk tertentu. Dengan mendapat pengaruh dari Mesir dan Babilon, berkembanglah musik Hibrani yang dikemudian hari berkembang menjadi musik Gereja. Musik itu kemudian disenangi oleh masyarakat, karena adanya pemain-pemain musik yang mengembara serta menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara Gereja. Musik itu tersebar di seluruh Eropa kemudian tumbuh berkembang, dan musik instrumental maju dengan pesat setelah ada perbaikan pada alat-alat musik, misalnya biola dan cello. Kemudian timbulah alat musik Orgel. Komponis besar muncul di Jerman, Prancis, Italia, dan Rusia. Dalam abad ke 19, rasa kebangsaan mulai bangun dan berkembang. Oleh karena itu perkembangan musik pecah menurut kebangsaannya masing-masing, meskipun pada permulaannya sama-sama bergaya Romantik. Mulai abad 20, Prancis menjadi pelopor dengan musik Impresionistis yang segera diganti dengan musik Ekspresionistis.

A.Perkembangan Musik Dunia
Musik sudah ada sejak Zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan,disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan, tetapi dipergunakan juga un tuk urusan duniawi


PERKEMBANGAN MUSIK DUNIA TERBAGI DALAM ENAM ZAMAN :
1.Zaman Abad Pertengahan
Zaman Abad Pertengahan sejarah kebudayaan adalah Zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther (1572M). perkembangan Musik pada Zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, yang menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, termasuk dalam kebudayaan. Perubahan dalam sejarah musik adalah bahwa musik tedak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi, sebagai sarana hiburan.
Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo (1050 M)
Musik dengan menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat. Musik Greogrian disempurnakan oleh Paus Gregorius.
Pelopor Musik pada Zaman Pertengahan adalah :
1. Gullanme Dufay dari Prancis.
2. Adam de la halle dari Jerman.
2. Zaman Renaisance (1500 – 1600)
Zaman Renaisance adalah zaman setelah abad Pertengahan, Renaisance artinya Kelahiran Kembali tingkat Kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi. Musik dipelajari dengan cirri-ciri khusus, contoh nyanyian percintaan, nyanyian keperwiraan. Sebaliknya musik Gereja mengalami kemunduran. Pada zaman ini alat musik Piano dan Organ sudah dikenal, sehingga munculah musik Instrumental. Di kota Florence berkembang seni Opera. Opera adalah sandiwara dengan iringan musik disertai oloeh para penyanyinya.
Komponis-komponis pada Zaman Renaisance diantaranya :
1. Giovanni Gabrieli (1557 – 1612) dari Italia.
2. Galilei (1533 – 1591) dari Italia.
3. Claudio Monteverdi (1567 – 1643) dari Venesia.
4. Jean Baptiste Lully (1632 – 1687) dari Prancis.
3. Zaman Barok dan Rokoko
Kemajuan musik pada zaman pertengahan ditandai dengan munculnya aliran-aliran musik baru, diantaranya adalah aliran Barok dan Rokoko. Kedua aliran ini hamper sama sifatnya, yaitu adanya pemakaian Ornamentik (Hiasan Musik). Perbedaannya adalah bahwa musik Barok memakai Ornamentik yang deserahkan pada Improvisasi spontan oleh pemain, sedangkan pada musik Rokoko semua hiasan Ornamentik dicatat.
Komponis-komponis pada Zaman Barok dan Rokoko :
A. Johan Sebastian Bach
Lahir tanggal 21 Maret 1685 di Eisenach Jerman, meninggal tanggal 28 Juli 1750 di Lipzig Jerman. Hasil karyanya yang amat indah dan terkenal:
1. St. Mathew Passion.
2. Misa dalam b minor.
3. 13 buah konser piano dengan orkes
4. 6 buah Konserto Brandenburg
Gubahan-gubahannya mendasari musik modern. Sebastian Bach menciptakan musik Koral (musik untuk Khotbah Gereja) dan menciptakan lagu-lagu instrumental.
Pada akhir hidupnya Sebastian Bach menjadi buta dan meninggal di Leipzig
B. George Fredrick Haendel
Lahir di Halle Saxony 23 Februari 1685 di London, meninggal di London tanggal 14 April 1759. Semasa kecilnya dia sudah memperlihatkan bekat keahlian dalam bermain musik. Pada tahun 1703,ia pindah ke Hamburg untuk menjadi anggaota Orkes Opera. Tahun 1712 ia kembali mengunjungi Inggris. Hasil ciptaannya yang terkenal adalah ;
1. Messiah, yang merupakan Oratorio (nama sejenis musik) yang terkenal.
2. Water Musik (Musik Air).
3. Fire Work Music (Musik Petasan).
Water Musik dan Fire Work Music merupakan Orkestranya yang paling terkenal. Dia meninggal di London dan dimakamkan di Westminster Abbey.
4. Zaman Klasik 91750 – 1820)
Sejarah musik klasik dimukai pada tahun 1750, setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko.


Ciri-ciri Zaman musik Klasik:
a. Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut, Crassendo dan Decrasscendo.
b. Perubahan tempo dengan accelerando (semakin Cepat) dan Ritarteando (semakin lembut).
c. Pemakaian Ornamentik dibatasi
d. Penggunaan Accodr 3 nada.

Sejarah Musik


Sejarah Musik, dari kemarin saya bicara tentang genre-genre atau jenis musik nya, sekarang mau coba bahas sejarah musik itu sendiri, berbicara soal musik nih sob, musik memang sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup setiap orang. Karena mungkin dari mendengarkan dan bermain musik seseorang bisa menyalurkan berbagai ekspresinya. Tapi apa semuanya sudah tahu sejarah musik itu seperti apa? Nah disini kita bakal bahas sejarah musik itu perjalanannya seperti apa, simak baik-baik ya sob!

SEJARAH MUSIK

Sejarah musik mungkin sudah dikenal sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu, di zaman itu mungkin musik digunakan untuk memberikan tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan. Di kehidupannya yang berpindah-pindah orang-orang zaman dulu mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kering kaki hewan buruan mereka, kemudian meniupnya hingga mengeluarkan bunyi. Mungkin ada juga yang terinspirasi dari alam dengan meniup rongga kayu atau bambu hingga mengeluarkan bunyi dan jadilah suling purba. Itu mungkin sejarah musik di zaman prasejarah yang ditemukan oleh beberapa arkeolog.

SEJARAH MUSIK – Zaman Abad Pertengahan

Sejarah musik berlanjut ke zaman abad pertengahan, zaman abad pertengahan adalah zaman antara berakhirnya kerajaan romawi (476M) sampai dengan zaman reformasi agama kristen oleh Marthin Luther (1572M), sejarah musik di zaman ini berkembang akibat terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, sehingga munculnya penemuan-penemuan baru dalam segala bidang. Termasuk dalam kebudayaan musik yang tidak dititik beratkan pada kepentingan keagamaan saja tapi juga dipergunakan untuk hiburan.
Sejarah musik kemudian berkembang dengan adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo (1050M), di Eropa Barat sejarah musik berkembang menggunakan beberapa suara, dan Paus Gregorius menyempurnakan musik Greogrian. Pelopor musik di zaman pertengahan seperti Gullanme Dufay dari Perancis dan Adam de la halle dari Jerman.

SEJARAH MUSIK – Zaman Renaisance

   
Sejarah musik berlanjut ke zaman Renaisance, zaman ini adalah zaman setelah abad pertengahan. Renaisance sendiri artinya lahirnya kembali tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang di zaman Romawi. Di zaman ini musik dipelajari dengan ciri-ciri yang khusus seperti nyanyian percintaan atau nyanyian keperwiraan.
Di zaman ini musik gereja mengalami kemunduran. Sejarah musik di zaman ini mulai mengenal alat musik seperti piano atau pun organ dan lahirlah musik instrumental, sejarah musik di zaman ini kemudian berkembang menuju seni opera. Opera sendiri yaitu sandiwara yang di iringi dengan iringan musik disertai oleh para penyanyi nya. Beberapa komponis muncul di zaman ini seperti Giovanni Gabrieli dari Italia, Galilei dari Italia, Claudio Monteverdi dari Venesia dan Jean Baptiste Lully dari Perancis.

SEJARAH MUSIK – Zaman Musik Barok dan Rokoko

Sejarah musik kemudian berlanjut dengan munculnya aliran-aliran musik baru, diantaranya aliran Barok dan Rokoko. Kedua aliran ini hampir sama, yaitu menggunakan pemakaian Ornamentik (hiasan musik). Namun, yang menjadi perbedaannya adalah musik Barok memakai ornamentik yang disertai improvisasi spontan oleh para pemain, sedangkan musik rokoko memakai semua hiasan ornamentik. Komponis-komponis musik Barok dan Rokoko seperti Johan Sebastian Bach, karya-karyanya sangat indah dan terkenal seperti St. Mathew Passion, Misa dalam B minor, 13 konser piano dengan orkes dan 6 buah Konserto Brandenburg. Gubahan-gubahannya sendiri mendasari musik modern. Sebastian Bach menciptakan musik Koral (musik untuk Khotbah Gereja) dan juga menciptakan lagu-lagu instrumental. Di akhir hidupnya Sebastian Bach menjadi buta dan meninggal di Leipzig. Komponis lain yang lahir dari musik Barok dan Rokoko adalah George Fredrick Haendel, hasil ciptaannya yang terkenal adalah Messiah, Water Music dan Fire Work music. Water Music dan Fire Work Music merupakan karya orkestranya yang paling terkenal. Fredrick Haendel kemudian meninggal di London.

SEJARAH MUSIK – Zaman Musik Klasik

Sejarah musik kemudian berlanjut ke sejarah musik klasik yang lahir setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko. Ciri-ciri musik klasik adalah penggunaan dinamika dari keras menjadi lembut, perubahan tempo Accelerando (semakin cepat) dan Ritarteando (semakin lembut), pemakaian ornamentik dibatasi dan juga pengguanan accord 3 nada. Komponis yang lahir dari musik klasik seperti Frans Joseph Haydn dari Austria. Dalam sejarah musik Joseph Haydn dianggap sebagai bapak Simphony yang mewujudkan bentuk orkes dan kuartet seperti yang sekarang kita kenal. Musisi lainnya adalah Wolfgang Amandeus Mozart yang lahir di austria juga. Permainan musik dari wolfgang sangat menakjubkan sehingga ia dijuluki anak ajaib. Namun, meskipun ia memperoleh banyak kesuksesan, wolfgang sangat miskin. Wofgang meninggal di wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan fakir miskin. Karya-karya wolfgang yang terkenal adalah Requim Mars, 40 buah Simponi, Opera Don Geovani, Kuintet Biola Alto, dan Konserto Piano.

SEJARAH MUSIK - Zaman Musik romantic

Sejarah musik kemudian masuk ke Zaman Romantik antara tahun 1820 sampai 1900. Musik Romantik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik bukan hanya dipergunakan untuk nada-nada tapi digunakan juga untuk mengungkapkan perasaan. Dalam musik Romantik dinamaika dan tempo banyak digunakan. Komponis yang lahir di zaman ini seperti Ludwig Van Beethoven dari jerman. Ia menamakan dirinya sebagai pujangga nada. Di usia 17 tahun beethoven pergi ke Wina untuk menemui Wolfgang Mozart. Mozart memberikan beethoven bimbingan musik, sehingga beethoven menjadi komponis yang berbakat. Di usia 50 tahun beethoven mengalami gangguan pendengaran, yang dimana saat ciptaannya Ninth Symphonies lahir, beethoven tidak bisa medengarkannya. Karya-karyanya yang terkenal antara lain 5 buah sonata cello dan piano, 9 buah symphony dan 32 sonata piano. Musisi lainnya adalah Franz Peter Scubert dari Austria. Schubert mempunyai suara yang merdu dan menjadi penyanyi paduan suara Imperial Choir. Kemudian ia memperdalam pengetahuan musiknya dalam bidang komposisi. Disaat meninggal schubert tidak dikenal banyak orang dan berpesan untuk dimakamkan dekat makam beethoven. Karya-karyanya antara lain Ave Maria, The Erl King, Antinghed Symphony, Gretchen At The Spining Sheel dan The Wild Rose. Musisi lain yang lahir di zaman Romantik juga seperti Francois Fredrick Chopin dari Polandia, Robert Alexander Schumann dari Jerman dan Johanes Brahms dari Jerman.

SEJARAH MUSIK - Zaman Music Modern

Sejarah musik kemudian berlanjut ke Zaman Modern yaitu dari tahun 1900 sampai sekarang. Musik di zaman ini musik tidak mengakui adanya hukum dan peraturan, karena kemajuan ilmu dan teknologi sehingga musik digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan bebas. Komponis yang lahir di zaman ini antara lain Claude Achille Debusse dari Perancis, Bella Bartok dari Hungaria, Maurice Ravel dari Perancis, Igor Fedorovinsky dari Rusia dan Edward Benyamin Britten dari Inggris. Sejarah musik di zaman ini juga berkembang, menjadikan musik ke beberapa jenis musik.
 

SEJARAH MUSIK

Ternyata sejarah musik memang memiliki perjalanan yang panjang. Tapi bagi kita yang sering mendengarkan musik setidaknya kita harus tahu sejarah musik itu sendiri, apalagi untuk para pemusik harus mengetahui akar-akar musik yang ia mainkan.

SEJARAH MUSIK

Itulah tadi cerita tentang sejarah musik. Semoga tulisan sejarah musik ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca, niatnya sih saya bakal terus update artikel tentang sejarah musik , so tongkrongin aja terus buat yang suka baca sejarah musik. Sekian dan terima kasih telah membaca tulisan saya tentang sejarah musik.




                     










                  

0 komentar:

Post a Comment